Data Identitas Kita Berserak di Mana - mana

 

Gambar hukumonline.com

ADUANKITA.WEB.ID Ada bebagai cara orang mengambil data identitas kita. Mereka mengambilnya dengan mudah dan kita menyerahkan dengan suka rela. Data identitas kita sekarang berserak di mana - mana.

Saya didatangi seseorang mengaku dar LSM, mengajak saya masuk jadi anggota LSM tersebut. Caranya mudah saja cuma serahkan KTP dan KK foto copy, semua orang boleh menjadi anggota. 

Fasilitas yang ditawarkan  ialah setiap anggota akan mendapat ansuransi kematian. Kalau salah seorang anggotanya meninggal akan mendapatkan uang santunan.

Ganjil sungguh...... Dalam hati saya "Kalau mahu kasih uang kenapa harus orang itu mati dulu". Berapa ramai orang Aceh mati dalam konflik DOM tidak mendapat apa - apa. Ramai juga orang yang berikan photo copy KTP dan KK.  

Tidak lama kemudian LSM ini bikin kenduri potong kambing  undang ulama , foto - foto. Besoknya keluar di media bahwa LSM ini didukung oleh ulama. 

Saya rasa ulama tidak se lemah itu. Kemudian LSM itu berubah jadi partai.  Begitulah cara mereka mengambil data identitas kita.

Ada banyak cara cepat supaya masyarakat menyerahkan data pribadi dengan suka rela. Ada orang - orang tertentu datang ke desa desa. Mereka menawarkan bantuan modal usaha. Uang bantuan itu akan di berikan kepada kelompok - kelompok. 

Masing - masing kelompok menyusun ada ketuanya dan anggotanya.  Uang bantuan itupun cair untuk beberapa kelompok saja yang lainnya dalam proses. Maka beramai - ramailah orang datang menghantarnya sendiri. Setelah KTP dan KK terkumpul, dia pergi menghilang. Ketika ditanya kapan cair, jawabannya masih dalam proses. Entak sampai kapan.

Jaman android ini di iming - iming dengan gaji 5 juta sebulan. Ada iklan lowongan kerja, pekerja ditugaskan mengumpulkan photo copy KTP dan KK orang dengan ber bagai cara. Kalau di teliti secara detil untuk apa data identitas orang itu di kumpulkan, tidak jelas jawabannya.

Beberapa waktu yang lalu pemerintah mengumumkan penyesuaian harga BBM. Suasana menjadi panas, tak lama muncul di berikan BLT atau modal usaha, pendaftaran secara online , syarat photo copy KTP, KK dan surat keterangan usaha mikro. 

Sampai sekarang masih dalam proses entah sampai kapan. Kepada pihak berkuasa mohon untuk diperhatikan untuk perlu sangat melindungi masyarakat dari berbagai penipuan

Literasi Masyarakat tentang Data Pribadi Sangat Penting



aduankita 


Opini, Analisis dan Berbagi Informasi
aduanwargakita@gmail.com












Ulasan

POPULAR

Suarakan Lebih Kuat Lagi Israel Is Teroris

Tak Ada Pilihan Terpaksa Berani Sama Lembu

Terapkan Qanun Ada Imum Malah Membantah

Aceh Tetap Miskin Walau Anggaran Melimpah

Sumur Bor Dan Berak Dalam Plastik