Misteri Besi Tua Desa Nga


Gambar ilustrasi: Mesin bajak tanah sawah di desa Nga terbiar jadi besi tua. Ada yang aneh kenapa tidak digunakan


Kebetulan saya duduk di sebuah warung kopi di kampung desa sekitar Meurah Mulia. Datang seorang tengku menawarkan satu unit traktor bekas tapi baru belum pernah di pakai. Tengku itu menyebut traktor itu adalah barang hibah dari pemerintah. Diberikan kepada kelompok tani.

Itu orang punya kerja cari makan, saya hanya bisa berkata dalam hati "itulah kerja orang kita, minta mengatasnamakan rakyat, sudah dapat , diam - diam jual." Padahal kalau traktor ini digunakan secara bersama hasilnya bisa mengurangkan kos produksi bagi petani. Perkara seperti ini tidak boleh didhahirkan kalau tidak setuju ianya cukup dalam hati. Silap - silap kita bisa dikucilkan bahkan di anggap sebok ngurusin urusan orang lain. 

Di saat ekonomi yang sedang hancur sehancur - hancurnya kami rakyat sangat membutuhkan bantuan modal baik itu berupa alat kerja. Kami sangat berharap ada satu tractor yang di parking lama di desa Nga kalau di gunakan secara bersama - sama ianya dapat membantu meringankan kos produksi kita. Tapi entah mengapa mesin ini   dibiarkan menjadi besi tua .

Informasi dari masyarakat mesin ini juga hibah dari pemerintah. Ada pihak bukan menggunakan untuk kesejahteraan masyarakat tapi malah mencari keuntungan pribadi. Informasi beredar di masyarakat pada mulanya mesin ini baru, kemudian dijual dan uangnya di bagi sesama sendiri. Namun kerja ini tercium oleh masyarakat, untuk menutupi mulut masyarakat maka di beli yang bekas sebagai bukti kalau barang itu masih ada. Masuk akal bukan? Barang datang masih baru, tak di pakai tapi barang sudah seperti barang lama. Akhirnya program desa tangguh tidak mampu menghasilkan untuk ketahanan pangan. Wallahua'lam .






aduanwargakita@gmail.com






Ulasan

POPULAR

Suarakan Lebih Kuat Lagi Israel Is Teroris

Tak Ada Pilihan Terpaksa Berani Sama Lembu

Terapkan Qanun Ada Imum Malah Membantah

Aceh Tetap Miskin Walau Anggaran Melimpah

Data Identitas Kita Berserak di Mana - mana

Sumur Bor Dan Berak Dalam Plastik